Thursday, March 19, 2020

Sastra: Media Renungan Hidup
Buku Sastra

Memaknai kehidupan bukanlah hal yang mudah meski sudah sekian lama kita menjalaninya. Walau istilah ini terdengar sepele kerapkali manusia salah kaprah mempersepsikannya. Maka perlu bagi kita untuk memahami konsep kehidupan secara menyeluruh agar dapat menentukan opsi yang tepat dan bisa menjalani kehidupan dengan baik.


Ketidakpastian hadir sebagai akibat dari adanya sebuah dinamika kehidupan yang memaksa kita untuk memahami setiap kondisi yang ada agar mampu menjadi pribadi yang baik dalam mengambil tindakan. Hal ini tak terlepas dari bagaimana cara kita melakukan proses pembelajaran hidup melalui berbagai media baik dari lingkungan di sekitar kita, budaya, dan tak terkecuali memperkaya wawasan dengan berbagai literatur yang membahas tentang kehidupan salah satunya sastra.

Sastra merupakan sebuah karya yang dihasilkan dari ekspresi manusia baik berupa ide, gagasan, dan perasaan, yang dituangkan dalam bentuk teks dengan memperhatikan gaya penulisannya agar suasana yang hendak disampaikan dapat tergambar secara utuh.

Sastra memiliki beragam jenis dimulai dari prosa yang di dalamnya terdapat Cerpen dan Novel, kemudian puisi dan drama. Dari sekian macam jenis karya sastra hanya cerpen yang begitu menarik perhatian saya. Karena menurut saya Cerpen terkesan lebih ringkas, namun kesan dan pesan yang disampaikan sangat mendalam sehingga kita dapat ikut merasakan atau seolah menempatkan diri kita pada peristiwa yang ada di dalam Cerpen tersebut.

Sastra juga mampu meningkatkan minat membaca kita, karena dalam penulisannya mengangkat tema kehidupan dengan cara penulisan yang memperhatikan keindahan bahasa, dimulai dari penggunaan diksi, majas, dan diselipkan berbagai humor di dalamnya. Beda halnya dengan Karya ilmiah yang penulisannya menggunakan kata yang sulit dipahami dan terkesan sangat berat untuk dibaca.

Selain menampilkan nilai estetis, sastra juga memiliki kegunaan sebagai media renungan hidup. Dengan memperbanyak membaca karya sastra, katakanlah saja cerpen; maka kita akan mendapatkan sebuah pembelajaran hidup melalui peristiwa yang dijalani oleh seorang tokoh pada cerpen tersebut sembari melakukan refleksi diri untuk menyikapi situasi yang sedang kita hadapi dan mawas diri agar kesalahan yang telah terjadi tidak terulang kembali.

a guy create content in the form of writing, images or videos that will be uploaded on social media for entertain and inspires of many people.

Nothing else is fun other than designing. So, digital content creator is my passion.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Phone :

+628**********

Address :

Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia

Email :

novabillshcatastrophe@gmail.com