Friday, July 16, 2021

Blogger: Per-Blogger-an Duniawi Makin Lesu

Dunia blogging lesu

Pengaruh dari perkembangan teknologi telah menyeret kita pada serangkaian behavior yang baru. Terjadi transfigurasi pola minat orang banyak, hingga menimbulkan pergeseran konsumsi di kalangan masyarakat. Di antara sekian banyak diferensiasi yang ada, pada opini kali ini, gua bakal arahin ke satu pembahasan spesifik yaitu tentang lesunya per-blogger-an duniawi oleh konten media sosial yang lebih menarik minat publik.


Di sini gua, yang khususnya bergulat di bidang blogging, udah mulai ngerasain gejolak-gejolak susahnya dapet viewer di balik bayang-bayang platform media sharing networks yang berfokus menyajikan konten visual video, katakanlah Instagram, YouTube, Tik Tok, dan Snack Video.


Meskipun Blog dan YouTube sama-sama platform media sosial, namun dua platform tersebut masuk kedalam kategori tipe media sosial yang berbeda. Lebih lengkapnya lu bisa cek di artikel Glints, 4 Tipe Media Sosial yang Harus Kamu Ketahui Beserta Contohnya


So, lanjut ke pembahasan opini. Semakin maju teknologi, pola perilaku publik barangsur berubah. Dari yang awalnya orang-orang baca step by step buat cake di majalah, lanjut di blog karena lebih menang milih, dan sekarang pada lebih milih nonton di yt dengan dalih lebih simpel, apalagi yang ngisi kontennya goodlooking.


"Tidak ada hal yang lebih pasti selain perubahan"


Even lu bagi preset Lightroom di blog yang lu punya, pasti bakalan kalah efisien juga ama yang orang lain bagi di Instagram mereka, tapi beda ceritanya kalo lu pasang link download file raw nya sekalian.


Gua pengen nge-jokes, cuman gua salurin lewat akun blogger. Alih-alih menghibur gua malah ngedapetin komentar "krik-krik" di postingan gua. Bukan suatu masalah yang perlu dibesar-besarkan, karena gua udah mencoba memposisikan diri gua sebagai pembaca juga dan hasilnya memang beda. Dengan lu berbagi jokes lewat video, at least lu bisa nampilin gerakan yang bisa ngedukung jokes yang coba lu bagiin sehingga outputnya yang dihasilkan jadi ga terlalu kaku.


Bukan berarti gua berusaha untuk menyurutkan semangat kawan-kawan blogger, karena dibalik hampir semua konten bisa diusung melalui video, ada beberapa hal yang gua rasa kurang tepat kalo di bawain lewat video, seperti halnya Karya Sastra, Rekomendasi Brand, berbagi kode javascript, dan blog download.


Meskipun motivasi orang ngeblog itu beda-beda, cuma satu pesen gua, meskipun ujung-ujungnya orientasi lu ke duit jangan sampe demi nyari visitor, lu punya blog lu isi ama perkara yang berbau-bau naga. Jangan bro, karena se-hits nya blog yang isinya bau naga ini pasti lu kaga berani masang nama ato identitas asli lu di situ. Terus apa gunanya tu blog ada kalo bukan buat nunjukin eksistensi ama nge-branding diri. 

a guy create content in the form of writing, images or videos that will be uploaded on social media for entertain and inspires of many people.

Nothing else is fun other than designing. So, digital content creator is my passion.

0 comments:

Post a Comment

Contact Us

Phone :

+628**********

Address :

Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia

Email :

novabillshcatastrophe@gmail.com